Team Leader Sidoarjo

Mengapa Harus Berwirausaha Sejak Muda?

Sebelum membahas Mengapa Harus Berwirausaha Sejak Muda ?, mari kita bahas apa sih itu berwirausaha,



Wirausaha yaitu orang yang memiliki kemampuan melihat serta menilai peluang-peluang bisnis, mengumpulkan sumber-sumber daya yang diperlukan untuk mengambil sebuah tindakan yang tepat guna untuk meraih kesuksesan.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa harus berwirausaha sejak muda? Beberapa diantaranya antara lain:

  1. Semakin muda, resiko bisnis masih kecil.
  2. Jika anda masih duduk di bangku SLTA atau kuliah, maka tidak perlu khawatir sama sekali jika bisnia kta nantinya rugi karena biasanya masih tinggal dan di bantu oelh orang tua, lain halnya jika sudah berkeluarga, dimana kita punya resiko keluarga yang tidak bisa makan jika bisnis gagal.
  3. Bisa belajar banyak dan mencuri ilmu dari pengusaha sukses.
  4. Perkembangan sosial media terutama twitter semakin mendekatkan sosok wirausahawan sukses. Mereka sering berbagi kiat-kiat dan pengetahuan terkait dengan dunia wirausaha, sebut saja misalnya Sandiaga S. Uno, Jamil Azzaini, Rangga Umara, Jaya Setiabudi, Ciputra dan masih banyak lagi nama-nama lainnya. Anak muda yang notabene pengguna twitter pun memanfaatkan hal tersebut selain mencari tahu resep sukses mereka, tetapi juga meniru semangat dan kerja keras mereka.
  5. Pasar yang masih terbuka luas di dorong oleh semakin meningkatnya golongan menengah di Indonesia.
  6. Saat ini disinyalir kelas menengah di Indonesia jumlahnya mencapai 130 juta orang. Salah satu indikator lainnya adalah semakin banyaknya kepemilikan kendaraan bermotor. Lihat saja saat ini jalanan semakin sesak oleh kendaraan pribadi baik motor atau mobil. Keaadaan tersebut menjadi peluang yang sangat besar karena konsumen ini memiliki pendapatan “menganggur” yang cukup memadai yang berjumlah sekitar 1/3 dari keseluruhan pendapatan. Jika kita ingat konsep hierarcy needs dari Maslow maka golongan ini sudah melewati basic needs. Banyak fenomena yang menguatkan hal tersebut. Coba saja datang ke Starcbuck, gerai-gerai makanan cepat saji, kafe-kafe dimana mereka tidak hanya sekedar makan tapi juga nongkrong, kongkow bahkan melakukan meeting atau kerja sekalipun. Fenomena terkini muncul dari ramainya gerai 7-Eleven dimana masyarakat tidak hanya dapat berbelanja biasa, namun bisa sekalian nongkrong disana bahkan sampai larut malam. Singkatnya golongan ini memiliki quality of life yang jauh lebih baik. Meningkatnya golongan kelas menengah menjadi peluang yang baik untuk orang yang bisa menangkap peluang pasar tersebut, apalagi masyarakat Indonesia terkenal sebagai bangsa yang konsumtif. Namun semakin canggihnya teknologi dan perkembangan sosial media membuat golongan ini juga menjadi lebih cerdas dan mempunyai banyak informasi terhadap sebuah produk. Dengan demikian, produsen harus lah membuat produk se-kompetitif mungkin. Saat ini saat yang tepat untuk bersaing dalam hal menghasilkan produk, now or never!
  7. Banyaknya di adakan kompetisi wirausaha.
  8. Beberapa tahun terakhir banyak bermunculan kompetisi wirausaha baik tingkat lokal, nasional maupun internasional. Hal tersebut memacu pertumbuhan wirausaha terutama di kalangan anak muda. Sebut saja misalnya Bank Mandiri yang secara konsisten membuat program Wirausaha Muda Mandiri, dimana merupakan ajang pencarian wirausahawan muda terbaik di seluruh Indonesia dan setiap tahun berhasil memunculkan sosok-sosok wirausahawan muda yang inspiratif. Selain mendapatkan bantuan dana, ajang kompetisi wirausaha juga biasanya memberikan bantuan dalam hal pengembangan, pemasaran maupun mengelola usaha.
  9. Perkembangan internet termasuk sosial media yang luar biasa.
  10. Saat ini jumlah pengguna internet di Indonesia di prediksi mencapai 80 juta orang (data Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII)) dan akan mencapai 50% dari total penduduk pada tahun 2015. Jumlah tersebut merupakan terbesar ke-8 di dunia. Selain internet, perkembangan sosial media seperti facebook dan twitter memacu banyak berkembangnya bisnis di Indonesia terutama bisnis online, karena bisnis online atau e-commerce tidak memerlukan banyak modal. Dengan pengguna facebook dan twitter termasuk yang terbesar di dunia, tidak heran banyak anak muda yang memanfaatkannya untuk berbisnis karena mereka melihat semua orang saat ini terkoneksi ditunjang pula oleh keberadaan smartphone seperti Blackberry dan Hp berbasis android yang semakin murah harganya.
Manfaat/Mengapa Melakukan Wirausaha/ Entrepreneurship :
  1. Kebebasan Finansial
  2. Hal yang paling diidam-idamkan semua orang adalah kebebasan finansial. Dengan menjadi entrepreneur maka kesempatan itu terbuka sangat lebar karena semua Anda tentukan sendiri. Mulai dari target, cara memperoleh, kapan, hingga seberapa banyak semuanya terserah Anda selaku pelaksananya.
  3. Kebebasan Waktu
  4. Apabila Anda menjalankan bisnis dengan tepat dan telah berhasil membangun sistem “auto pilot” dalam bisnis Anda, maka kebebasan waktu niscaya dapat Anda miliki. Jangan pernah bangga menjadi orang super sibuk, tapi berbanggalah menjadi orang punya banyak waktu untuk berbagi ke sesama.
  5. Membuka Lapangan Kerja
  6. Ini sudah jelas,dengan Anda melakukan wirausaha pasti banyak membantu negara kita mengurangi angka pengangguran.
  7. Kemandirian
  8. Dengan menjadi entrepreneur semua aktivitas, baik hasil maupun resikonya ada di tangan Anda.
  9. Sarana Mewujudkan Ide yang Ekstrem
  10. Ide ide yang kita miliki dapat kita salurkan atau kita wujudkan dimana Anda selaku pelaku usaha tersebut.
  11. Solusi Anti PHK
  12. Dengan menjadi entrepreneur tentu saja Anda tidak perlu khawatir untuk kena PHK, kecuali tentu saja Anda mem-PHK diri Anda sendiri.
  13. Kesempatan Masih Luas
  14. Pertumbuhan penduduk di negara kita tiap tahun makin meningkat. Maka tentu saja peluang untuk melakukan usaha kita makin besar dan luas. Yang penting kita kreatif, mau bekerja keras, dan tidak gengsi maka sebetulnya hampir tidak ada alasan untuk tidak bisa membuat usaha yang sukses.
  15. Untuk Semua Orang dan Bisa Dipelajari
  16. Entrepreneurship tidak identik dengan suatu suku atau ras tertentu. Dimana ada kemauan di situ terbuka jalan yang lebar. Tetap semangat pantang menyerah.
Jadi mulailah wirausaha dari usia sedini mungkin agar kita bisa banyak memberi .lebih cepat membahagiakan orang tua, memberi kehidupan bagi mereka yang tidak mempunyai pekerjaan dan memberi peluang berkembang bagi orang-orang di sekitar kita. Pada hakikatnya hidup di dunia adalah untuk memberi manfaat seluas-luasnya atas keberadaan diri kita di atas bumi ini.
Tag : Artikel
Back To Top